Khasiat Buncis Sebagai Obat Kencing Manis

Banyak memang obat yang beredar di pasaran untuk mengobati diabetes, namun sering harganya mahal karena bahan-bahannya harus diimpor. Bagaimana mau menjauhi stres jika untuk membeli obat yang harganya selangit saja susah.

Beruntung, kini telah ditemukan obat yang murah meriah dan dapat diperoleh dengan mudah. Apa itu? Buncis. Ya, tepat. Tanaman yang buahnya mirip kacang panjang, tapi lebih pendek dan gemuk itu ternyata mampu mengobati penyakit diabetes melitus.

Hal tersebut terungkap dalam disertasi Yayuk Andayani, yang telah mempresentasikan penelitiannya berjudul “Mekanisme Aktivitas Antihiperglikemik Ekstrak Buncis pada Tikus Diabetes dan Identifikasi Komponen Aktif” untuk memperoleh gelar doktor di kampus Institut Pertanian Bogor (IPB), beberapa waktu lalu.

Dalam penelitiannya, Yayuk menggunakan tikus putih sebagai binatang percobaan. Tikus putih berusia tiga bulan itu oleh Yayuk diberi perlakuan induksi diabetes. Artinya, “dengan sengaja” si tikus putih dibuat mengidap diabetes melitus. Sebelum diinjeksi dengan diabetes, tikus tersebut telah diberi ekstrak buncis. Ternyata dalam waktu 30 menit tikus-tikus percobaan kembali normal, tanpa mengalami penurunan pada tingkat ipoglikemik (di bawah kadar gula normal).

Timbul pertanyaan, apa sih “kesaktian” buncis sehingga hanya dalam waktu ½ jam bisa menurunkan kadar gula dalam darah hingga batas normal.

Berdasar analisis Yayuk, di dalam buncis terkandung zat yang dinamakan B-sitosterol dan stigmasterol. Kedua zat inilah yang mampu meningkatkan produksi insulin.

Insulin adalah suatu hormon yang dihasilkan secara alamiah oleh tubuh kita dari organ tubuh yang dinamakan pankreas. Insulin berfungsi untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Seseorang mengalami diabetes melitus, bila pankreas hanya sedikit menghasilkan insulin atau tidak mampu memproduksi sama sekali. Ternyata dua zat tadi mampu merangsang pankreas untuk meningkatkan produksi insulinnya.

Selain dua zat tadi, Yayuk memperoleh data bahwa dari 100 gram ekstrak buncis terkandung karbohidrat 7,81%, lemak 0,28%, protein 1,77%, serat kasar 2,07%, dan kadar abu 0,32 %.

Bagi dunia kedokteran dan farmasi, penemuan Yayuk ini tentu bisa dijadikan referensi untuk membuat obat diabetes dengan mengekstrak buncis. Tentunya banyak keuntungan yang diperoleh, terutama bagi masyarakat, karena obat diabetes akan lebih murah dan mudah didapat dengan banyaknya bahan yang tersedia.

Bagi masyarakat, terobosan Yayuk itu bisa melegakan hati banyak orang pengidap diabetes melitus, khususnya mereka dari kalangan tidak mampu. Cukup membeli sayur buncis dan memakannya secara teratur, kadar gula dalam darah bisa turun. Manfaat buncis lebih terasa bila dimakan sebagai lalapan. Kalau dimasak dalam bentuk oseng-oseng dengan tambahan daging juga boleh.

Berbahagialah mereka yang kerap makan lalapan buncis. Ternyata selain manis, buncis juga bisa mencegah dan menghilangkan penyakit kencing manis.

 

Semoga Bermanfaat

Salam Cinta.. Cita.. Harapan

About these ads

36 thoughts on “Khasiat Buncis Sebagai Obat Kencing Manis

  1. Salam kenal Mas Dony, tau nggak cara pengobatan diabet pake buncis, sehari berapa kali makan, tiap makan berapa batang buncis (berapa gram) yang harus dikonsumsi.

    Terima kasih

    Purnomo

  2. salam kenal juga mas purnomo, setahu saya dari membaca buku-buku kesehatan dan kebetulan ayah saya juga sempat kena gejala-gejala diabetes.. untuk mengkonsumsi buncis ini yang penting harus teratur setiap harinya boleh juga dibuat sayur ataupun di oseng-oseng dan ini sudah dilakukan oleh ayah saya.. alhamdulillah beliau sekarang sudah sembuh dan tetap menjaga pola makan tak lupa melakukan olahraga setiap habis makan.. tapi olahraga yang ringan aja mas semisal jalan-jalan atau bersepeda… beliau pun tak lupa mengkonsumsi sirih merah yang ternyata berkhasiat juga menurunkan kadar gula darah.. kalau sirih merah beliau mengkonsumsi satu daun setiap hari dengan cara direbus kemudian di minum airnya… tentunya mas purnomo lebih bagusnya konsultasi dengan ahlinya.. :-) semoga bermanfaat ya mas..

  3. khasiat buncis selain obat diabetes. anti kanker. prostat ada lagi nih yg belum tau yaitu sbg obat sakit pinggang. saat puasa sangat baik makan buncis krn banyak vitamin dan mungkin banyak mengandung air kali ya. sudah tradisi kl sakit pinggang makan aja buncis.

  4. hira indra :

    khasiat buncis selain obat diabetes. anti kanker. prostat ada lagi nih yg belum tau yaitu sbg obat sakit pinggang. saat puasa sangat baik makan buncis krn banyak vitamin dan mungkin banyak mengandung air kali ya. sudah tradisi kl sakit pinggang makan aja buncis.

    terima kasih hira atas masukkannya… semoga bermanfaat..;-)

  5. mas suwardi…….. kalo menurut saya sih lebih baiknya di blender karena dengan di blender kandungan gizinya tidak akan hilang di bandingkan dengan di masak……… tentunya ke hiegenis-annya hrs benar2 di jaga kalo mau di blender…… gimana mas??

  6. bagaimanakah mekanisme zat b-sitosterol dan stigmasterol dalam tubuh sehingga mampu menangkal penyakit diabetes mellitus??? tlong dijawab secepatnya ya…

  7. halo nani, saya coba jawab pertanyaannya ya…
    >>berapa mg zat b-sitosterol dan stigmasterol yang dibutuhkan untuk penderita diabetes mellitus?…. menurut buku kesehatan yang pernah saya baca kandungan mg yang dibutuhkan adalah >300 mg jadi bila kita bisa penuhi maka penderita diabetes akan terkontrol kadar gulanya… nah untuk mekanismenya coba search di internet siapa tahu ada yg lebih detail mengenai penyakit ini…….. mungkin sahabat yang lain bisa membantu nani?

  8. Tmksh bgt infonya,Mas Purnomo mau tanya nich,kbtln sy dah lama mengidap kecing manis sy akan mencoba makan buncis kebetulan itu sayuran kesukaan saya,kira-kira sampai berapa hr bisa dirasakan manfaatnya?setiap berapa hr sekali sy hrs chek kadar gula saya?mhn maaf dan terimakasih.salam sejahtera.

  9. Mbak Elly, Maaf baru bisa update coment hari ini, maklum banyak kerjaan hehehe… Mengenai pertanyaan mbak Elly akan coba saya jawab berdasarkan pengalaman dari sahabat-sahabat, biasanya mereka mulai merasakan khasiatnya setelah seminggu mengkonsumsi buncis ini tp dengan syarat harus rajin dan trs menerus… Mbak Elly bisa coba check kadar gula darah setelah seminggu itu…….. semoga lekas sehat dan normal kembali ya mbak kadar gula darahnya…….

  10. melisa, maaf nih baru di buka lagi blognya…… sepertinya tidak ada pantangan untuk mencoba itu… :-)

  11. alhamdulillah…. semoga bermanfaat ya kak Cut Meurah Intan… semoga lekas sembuh suaminya dan sehat lagi seperti sedia kala…. :-)

  12. Terimakasih Mas Purnomo dan teman teman yang tak sempat kusebut satu persatu informasi mengenai Buncis dan saya akan mencoba karena saya juga gula darahnya tinggi…

  13. Terimakasih sekali atas infonya krn saudara saya sendiri ada yang terkena kencing manis belum sembuh-sembuh,hingga kini badannya tinggal kulit sm tulang saja padahal sudah berobat kedokter,tapi hasilnya tidak ada.Saya minta Bantuan Do’a dari sobat semua utk kesembuhan saudara saya yang kini sudah sangat parah sekali bisa dikatakan tinggal kulit sm tulang saja(tengkorak),Terimakasih..

  14. This design is incredible! You obviously know how to keep a
    reader amused. Between your wit and your videos, I was almost moved to start my own blog (well, almost.
    ..HaHa!) Wonderful job. I really enjoyed what you had
    to say, and more than that, how you presented it.
    Too cool!

  15. I comment whenever I especially enjoy a post on a site or if I have something to valuable to
    contribute to the conversation. It is a result of the
    passion communicated in the article I looked at.
    And after this post Khasiat Buncis Sebagai Obat Kencing Manis | Desputrohome’s Weblog. I was excited enough to drop a thought :-P I actually do have 2 questions for you if it’s okay.

    Is it just me or does it look like like some of these comments look like they are
    left by brain dead folks? :-P And, if you are posting on
    other online sites, I’d like to follow everything fresh you have to post. Could you make a list all of your community sites like your Facebook page, twitter feed, or linkedin profile?

  16. Hi every one, here every one is sharing these kinds of know-how, thus it’s pleasant to read this web site, and I used to pay a visit this weblog everyday.

  17. Selamat siang mas purnomo,.. ayah saya baru 2 minggu ini dinyatakan mengidap kencing manis, namun ayah saya kolesterolnya jg tinggi..apakah bisa juga ya?atau tidak boleh karena termasuk kacang-kacangan…

  18. @ justarga >> sepertinya utk kolesterol di utamakan dulu mas penyembuhannya setelah itu baru kencing manisnya itu menurut saya loh, makan mentimun atau konsumsi banyak bawang putih bisa dijadikan alternatif penyembuhan kolesterol dan kencing manis… bisa dicoba untuk yang ini… semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s