Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Obat

Hampir semua orang pernah merasakan sakit kepala. Penyebabnya macam-macam dan dapat terjadi secara bersamaan dengan penyakit lain, seperti influenza, tekanan darah tinggi, peradangan sinus, anemia dan lain-lain. Bahkan akibat stress dan ketegangan syaraf juga dapat menyebabkan gangguan sakit kepala.

Pada wanita, sakit kepala mungkin bisa terjadi pada masa-masa tertentu terutama ketika menjelang haid. Kebanyakan sakit kepala berlangsung hanya sebentar, timbul hari ini dan akan hilang keesokan harinya. Jenis sakit kepala yang biasa di sebut Migrain (sakit kepala sebelah) bisa berlangsung selama berjam-jam atau berhari-hari setiap kali menyerang, bahkan ada penderita yang terserang migrain setiap hari.

MIGRAIN (SAKIT KEPALA SEBELAH)

Umumnya migrain akan menyerang satu sisi kepala, rasa sakit berdenyut-denyut akan terasa pada kening atau di atas mata. Migrain terjadi akibat penguncupan atau pengerutan pembuluh-pembuluh nadi di kepala sehingga aliran darah menjadi tidak normal. Pembuluh-pembuluh darah yang kejang tersebut akan membesar dan menimbulkan rasa sakit yang berdenyut. Migrain sering muncul pada permulaan masa dewasa dan umumnya kaum wanita lebih sering terserang.

Migrain dapat ditimbulkan oleh jenis makanan yang mengandung nitrat (suatu zat kimia yang digunakan untuk mempertahankan warna merah pada daging, misalnya sosis), haid, cahaya matahari yang terlalu terik, perubahan suhu atau cuaca, lapar, suara gaduh, kurang tidur, atau bahkan terlalu banyak tidur. Migrain juga dapat timbul setelah seseorang mengalami stress misalnya setelah melakukan perjalanan yang melelahkan atau setelah melakukan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi yang tinggi. 

Perawatan dan cara mengatasinya, antara lain dapat dilakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Istirahat, yaitu dengan tidur dapat menyembuhkan rasa sakit tersebut secara efektif. Pemberian obat-obatan sesuai resep dokter seperti aspirin atau penghilang rasa sakit lainnya dapat meredakan rasa sakit kepala yang menyerang. itupun kalau terpaksa.
  • Kompres dingin pada kepala disertai merendam kaki dengan air hangat selama kira-kira 30 menit sering dapat meringankan sakit kepala.
  • Teknik relaksasi, pemijitan secara perlahan-lahan pada daerah leher dan punggung juga dapat mengatasi sakit kepala jenis ini.  
  • Penderita migrain sebaiknya juga menghindari rangsangan yang dapat menyebabkan keluhan tersebut, seperti suara yang ramai, cahaya yang menyilaukan, ketegangan karena stress dan lain-lain.

 SAKIT KEPALA AKIBAT KONTRAKSI OTOT

Sakit kepala semacam ini ditandai dengan rasa sakit yang tetap. Hampir sama dengan migrain, penyebab sakit kepala jenis ini umumnya banyak dihubungkan dengan stress dan kecemasan, depresi, dan sukar tidur. Obat-obatan tertentu, jenis makanan yang banyak mengandung nitrat seperti “hot dog”, dan kafein seperti kopi juga dapat menimbulkan sakit kepala jenis ini. Untuk beberapa wanita, masa sebelum haid juga merupakan penyebab timbulnya sakit kepala ini.

Istirahat atau tidur yang cukup dan mengompres kepala dengan kain yang telah dibasahi air dingin dapat membantu meredakan sakit kepala ini. Cara lain yang dapat dilakukan adalah berusaha menghilangkan penyebab gangguan pikiran yang terjadi, misalnya dengan cara berolahraga.

Jika sakit kepala menyerang, latihan relaksasi dan pemijatan pada leher serta punggung juga dapat menghilangkan rasa sakit yang menyerang.

Intinya perawatan dan cara mengatasi sakit kepala jenis ini sama halnya dengan cara mengatasi sakit kepala sebelah atau migrain yang telah di tulis di atas. 

 

Semoga bermanfaat

Salam Cinta.. Cita.. Harapan

16 thoughts on “Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Obat

  1. thks infonya. saya tuh saben haid pasti aja sakit kepala & terpaksa makan panadol 😦

    ———————————————————————————————–
    wah gitu ya mbak, tentunya jangan tergantung sama obat lho karena nanti kalau sakit kepala sedikit sebentar-sebentar obat dan obat lagie…. saya juga punya migrain tetapi kalo migrainnya kambuh saya sebisa mungkin ga minum obat mbak.. paling-paling buat tidur dan minum yang banyak terus sembuh deh 😀

  2. iya. pengobatan sakit kepala kykna paling efektif kl qta istirahat teratur, jgn ngerokok aplg miras. dan lg yg penting harus ada sugesti positif di sisi psikologis kita, supaya pikiran n badan qta bs sehat. 🙂

    plus olah raga juga, minimal banyak jalan kaki lah. hehe

    seep
    skit kpala tu paling repotin, patut dbasmi
    thx bwt infona om don n mbak erin (yg post comment) 😀

    —————————————————————————————–
    yup… betul sekali nanda… sering mampir ke sini ya 🙂

  3. Ping-balik: Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Obat « Apotikalam’s Blog

  4. Terimakasih banyak atas informasi yang di berikan,semoga Allah memberikan balasan dengan kebaikan.Aamiin

  5. Thank mas atas infonya ni bisa membantu aq banget..! terbukti lagi,,,,,,

    ____________________________________________________________

    oks deh candra kirana……… mkasih semoga bermanfaat..;-)

  6. semenjak g mnum paramex sakit kepalaQ paling kambuh seminggu sX,biasanya 2hr sX pst mnum paramex… tp aq pgn sembuh total,umurQ juja ru 22…. caranya gmn yaah???

  7. ketergantungan obat bisa membuat kita kecanduan Isti… coba deh tips seperti di atas dan apabila masih pusing terus terasa alangkah baiknya berkonsultasi dengan dokter, jangan takut ya … 🙂

  8. saya sering mengalami kepala kepala sebelah/migrain sakit nya di sekitar alis rasa nya linu sekali.sakit nya timbul kalau saya bekerja malam hari kurang tidur/menahan lapar/terlalu lama di bawah terik matahari.terima kasih atas info nya semoga bermanfaat bagi kita semua amiiieeen

  9. mkasih mas Ahmad sudah mampir ke blog saya ini… iya sip, saya juga punya migrain sama kayak mas Ahmad… biasanya di sekitar alis kalo ga disitu ya di kening pusingnya……. saya juga coba cara seperti di atas ternyata efektif dan ampuh buat atasi masalah migrain… yang jelas saya juga ga mau ketergantungan sama obat2 pusing dll…. kalo kita bisa sembuh tanpa obat2an kenapa mesti minum obat……. 🙂

  10. Aku sering sakit kepala sebelah ini kambuh pabila habis kehujanan,kadang kecapekan atau terlambat makan,dibuat tidur,kalau kepala sebelah kanan/kalau miring ke kanan kena bantal…pusing itu mesti datang..kenapa ya ?

Tinggalkan komentar